Musuh-Musuh Rosullulah SAW (Seri I)

Assalamualaikum Wr.Wb

Halo teman-teman. Hari ini aku akan menceritakan tentang musuh-musuh Rosullulah SAW . yaitu ada kusebutkan dibawah ini

1. Syaithan (setan)

Ini makhluk bukan manusia . biasa kita panggil “setan”. ialah musuh dari semua nabi . Ia adalah makhluk yang terkutuk dan sering menghasut manusia untuk berbuat kejahatan.

Dari zaman Nabi Adam as sampai Nabi Muhammad SAW. ia adalah musuh kita semua dan sampai kapan pun ia musuh kita semua.

2. Abu Lahab

Abu lahab adalah pamanya nabi Muhammad SAW. Nama aslinya adalah Abdul Uzza bin Abdul Mutalib. Nama panggilannya Abu Utaibah. Abu Lahab sangat membenci Muhammad SAW dan ia orang yang sering menyakiti, membenci ,dan menghina Nabi Muhammad SAW. Serta meremehkan agama islam.

Kebencian Abu Lahab bermula dari dakwah Nabi Muhammad SAW. dalam jamuan makan. Dia menolak dengan kasar. Ia berkata “Tangkap Muhammad ini! kalau tidak kalian akan dikeroyok oleh semua orang arab gara-gara muhammad ini. Apabila itu terjadi, aku tidak tahu bagaimana jadinya.” Abu Thalib marah dan ia berkata ” Demi Allah, selama kami masih hidup, Muhammad akan selalu kami bela.”

Nabi Muhammad SAW pun mengadakan pertemuan yang lebih besar lagi di bukit safa. lalu Beliau berkata “Wahai saudara-saudara ku. Apakah kalian akan mempercayaiku jika di balik bukit ini ada musuh yang hendak menyerang kita pada pagi atau siang hari ini? Dengan serentak mereka menjawab ” ya kami percaya, kejujuran beliau tidak ada duanya. Saudara belum pernah berbohong. saudara adalah orang yang mendapat gelar Al-amin” beliau meneruskan “Kalau begitu dengarkanlah! aku ini adalah seorang pemberi peringatan. Allah SWT, telah memerintahkan aku untuk memperingatkan kalian. Hendaklah kalian hanya menyembah Allah SWT. Tidak ada tuhan selain Allah SWT apabila ingkar, kalian akan mendapatkan siksaan yang pedih.”

Seruan Nabi Muhammad SAW. itu membuat orang marah , sebagian yang hadir, ada yang mengatakan Nabi Muhammad SAW sebagai orang gila, namun sebagiannya yang lain hanya diam.

Abu Lahab berkata ” Apaah hanya untuk ini engkau kumpulkan kami? Celakah kau Muhammad!” sewaktu peristiwa itu turunlah surat Al-Lahab ayat 1-5.

3. Abu Jahal

Nama aslinya adalah Amr bin Hisyam. Dia termaksud orang yang menghalangi dan menentang perjuangan Nabi Muhammad SAW.

Sikap Abu Jahal yang tidak baik Abu jahal diantara lain adalah mengikuti hawa nafsu yang tidak baik, mengikari Allah dan hari akhir, serta senang berbagai macam kesenangan duniawi. Abu Jahal ingin berkuasa, unggul dalam semua hal dan diturutinya perintah.

Kebencian Abu Jahal kepada Nabi Muhammad SAW tidak tanggung-Tanggung. Sejak dari yang ringgan sampai yang berat. Mula-mula nabi Muhammad SAW dibujuk untuk meninggalkan berdakwah dengan agama baru yang dibawanya dengan diberi harapan berupa dijadikan pemimpin quraisy, harta yang banyak, dll

Tawaran tersebut ditolak oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, mulailah abu jahal melakukan penganiayaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Seperti

  • Diselimuti kulit unta busuk ketika sedang sujud
  • Diludahi ketika berjalan pulang pergi ke masjid
  • dilempari pasir mengenai mata Rosullulah SAW. Sehingga beliau pulang dengan merangkak-rangkak
  • Dikenai pukulan dengan kayu dan lainnya

Semua peristiwa tersebut diterima dengan tabah dan sabar oleh Rosullulah SAW, sebaliknya . Hal tersebut menjadikan abu jahal penasaran. Oleh sebab itu Target sasaran penganiayaan diarahkan kepada para pengikut Nabi Muhammad SAW. Rosullulah SAW. merasa lebih tertekan. Misalnya ketika bilal bin rabah ditindih batu di padang pasir sehingga berdarah dan Qombarah yang digantung serta dibakar sampai menemui ajalnya.

Selain diperlakukan tidak baik oleh abu jahal. Rosullulah terus dibujuk dengan halus untuk kompromi 1 tahun menyembah berhala 1 tahun menyembah Allah SWT dan seterusnya. Nabi Muhammad SAW tetap menolak dan turunlah surat Al Kafirun ayat 1-6 .

Kusudahi dulu yaa… besok kulanjutkan cerita ni…

Wassalamualaikum Wr.Wb





Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: