Qada dan Qadar

Assalamualaikum Wr.Wb

Halo teman-teman. Kalian tahu tidak apa itu qada dan qadar? kujelaskan saja yaa…

Sebelum kujelaskan, qada dan qadar itu terdapat di rukun iman keenam, sehubung begitu, kita harus mempercayai adanya qada dan qadar, rosulullah bersabda (langsung terjemahin ke bahasa indonesia . tanpa bahasa arab)

“Iman ialah kamu percaya kepada allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan takdir yang baik dan yang buruk”

Nah…, maka dari itu, kita harus mempercayai semua iman termaksud iman kepada qada dan qadar… nah akan kukasih tau apa itu qada dan qadar…

Qada adalah suatu kepastian, ketetapan, atau ketentuan Allah swt. Qada (ketentuan allah) sudah diadakan pada zaman azali yang belum diketahui oleh makhluk dan belum terlaksana yang menyangkut nasib baik atau buruk seseorang, senang dan sedih, manfaat dan madarat, sehat dan sakit, umur panjang dan pendek, dll.

Sedangkan Qadar adalah suatu ketentuan Allah swt yang sudah berlaku atau telah terjadi. Qadar sering disebut takdir. setiap muslim wajib percaya bahwa semua kejadian, baik yang sudah terjadi maupun sedang terjadi, baik dan buruk adalah ketentuan Allah swt. contohnya, seorang bayi yang akan lahir tidak mungkin dapat memilih warna kulit yang disukainya, tidak mungkin pula ia dapat memilih bentuk tubuh yang jangkung atau pendek. semua itu hanyalah menurut takdir Allah swt.

Sebenarnya masih… panjang sekali… karena takut kepanjangan… kusudahi dulu yaa… besok kulanjutkan lagi… atau lain waktu… ya udah

Wassalamualaikum Wr.Wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: