Hukum nun mati dan tanwin

Assalamualaikum Wr.Wb

Sepertinya saya sudah lama tidak posting, tema yang aku akan beritahu adalah Ilmu Tajwid. Apa itu Tajwid. Tajwid secara Harfiah bermakna melakukan sesuatu dengan elok dan indah atau bagus dan membaguskan tajwid berasal dari kata Jawwada (جوّد-يجوّد-تجويدا) dalam bahasa Arab. Dalam ilmu Qiraah, tajwid berarti mengeluarkan huruf dari tempatnya dengan memberikan sifat-sifat yang dimilikinya. Jadi ilmu tajwid adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara membunyikan atau mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam kitab suci al-Quran maupun bukan. Kita lanjut ke hukum Nun Mati dan Tanwin.

Al-Quran

Al-Quran

Hukum nun mati dan tanwin adalah salah satu tajwid yang terdapat dalam Al-Qur’an. Hukum ini berlaku jika nun mati atau tanwin bertemu huruf-huruf tertentu.

Hukum ini terdiri dari 4 jenis, yaitu:

A.Izhar Halqi
Izhar Diartikan Terang/Jelas(kalo enggak salah), Jika nun mati atau tanwin bertemu huruf-huruf Halqi (tenggorokan) seperti: alif/hamzah(ء) ha’ (ح) kha’ (خ) ‘ain (ع) ghain (غ) dan ha (ه), maka ia harus dibaca jelas.
Contoh: نَارٌ حَامِيَةٌ

B.Idgham
Hukum bacaan ini terbagi dua yaitu :

1. Idgham Bighunnah
Jika nun mati atau tanwin bertemu huruf-huruf seperti: mim (م), nun (ن) wau (و) dan ya’ (ي) maka ia harus dibaca lebur dengan dengung. Contoh: فِيْ عَمَدٍ مُّمَدَّدَةٍ harus dibaca Fī ʿamadim mumaddadah.

2. Idgham Bilaghunnah

Jika nun mati atau tanwin bertemu huruf-huruf seperti ra’ (ر) dan lam (ل), maka ia harus dibaca lebur tanpa dengung.
Contoh: مَنْ لَمْ harus dibaca Mal lam

Pengecualian

Jika nun mati atau tanwin bertemu dengan keenam huruf idgam tersebut tetapi ditemukan dalam satu kata, seperti بُنْيَانٌ, اَدُّنْيَا, قِنْوَانٌ, dan صِنْوَانٌ, maka nun mati atau tanwin tersebut dibaca jelas. Hukum ini disebut Izhar Wajib

C.Iqlab
Hukum ini terjadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ba’ (ب). Dalam bacaan ini, bacaan nun mati atau tanwin berbah menjadi bunyi mim.
Contoh: لَيُنۢبَذَنَّ harus dibaca Layumbażanna

Ikhfa’ haqiqi

Jika nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf-huruf seperti ta’(ت) tsa’ (ث) jim (ج) dal (د) dzal (ذ) zai (ز) sin (س) syin (ش) shod (ص) dhod (ض) tho (ط) zho (ظ) fa’ (م) qof (م) dan kaf (ك). maka ia harus dibaca samar-samar (antara Izhar dan Idgham)
Contoh: نَقْعًا فَوَسَطْنَ
(Catatan : Yang dimaksud samar-samar adalah mengubah suara nun mati / tanwin menjadi ng)

Sekian penjelasan Hukum Nun Mati dan Tanwin. nanti akan saya lanjutkan tentang tajwid di bulan agustus (dikarenakan buku kelas 2 agama islam saya belum di bagiin).

Wassalamualaikum Wr.Wb

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: