Kaum Muhajirin dan Ansar

Assalamualaikum Wr.Wb

Halo teman-teman. Sekarang aku akan menjelaskan tentang “kaum muhajirin dan kaum ansar . mau tau gak… nih ku jelasin

Pertama-tama. kita mulai dari kaum muhajirin.

1. Kaum muhajirin.

Kaum muhajirin adalah kaum yang berasal dari mekkah yang hijrah ke madinah. Dalam peristiwa hijrah ke madinah, banyak sekali hal-hal penting yang harus kita ingat, nanti akan kujelaskan apa saja yang harus kita ingat oke!? Pertama-tama kumulai dari Nabi Muhammad SAW berumur 25 tahun.

Nabi Muhammad SAW sedang menyendiri di gua hiro. Beliau sedang memikirkan tentang umatnya yang masih jahiilliah (Zaman kebodohan). Waktu itulah turun malaikat jibril untuk menyampaikan wahyu. pertama kali yang disampaikan adalah disuruh membaca (Iqro) surat Al alaq (segumpal darah). nih suratnya   :

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ

اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ

الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ

عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

Maaf yaa gak rata naronya… hehehehe

Nah. Setelah itulah islam pertama kali muncul. yang pertama kali masuk islam kecuali nabi muhammad saw adalah istrinya siti Qodijah, dan yang kedua adalah Abu Bakar Ass shidiq. dan yang ketiga Ali bin Abi thalib. agama islam masih tertutup (masih sedikit yang tahu).

Pada Muhammad Kurang lebih berumur 40 tahun. turunlah surat kedua dari Al quran. Surat ini mendorong untuk terbuka agar semua umat di dunia mau beragama islam, hal ini menyebabkan kaum qurayis marah dan ingin membunuh Muhammad SAW.

Selama 13 tahun. belum ada kenaikan. malah yang beragama islam akan disiksa oleh kaum quraisy. maka dari itu. Muhammad SAW memberitahu ke umatnya hijrah ke madinah, dulu namanya yastrib (mohon maaf jika salah tulis). pimpinan hijrah dipimpin oleh Utsman bin affan. Sedangkan Nabi muhammad , dan sebagian sahabatnya masih di mekkah. Orang quraisy tahu rencana mereka, lalu kaum itu memerintahkan penjaga untuk membunuh Nabi muhammad SAW. Nabi Muhammad pun tahu rencana mereka. Atas ijin Allah SWT penjaga itu pun tertidur, dan Nabi Muhammad SAW pun kabur dan pergi ke rumah Abu Bakar Ass shidiq. Disana Nabi Muhammad dan sahabatnya merencanakan sesuatu agar dapat hijrah ke madinah, pada malam itu juga, Nabi kita Hijra ke madinah, sedangkan salah satunya menetap di mekkah (karena mempunyai rencana).

Sewaktu pagi hari. penjaga pun terbangun dan kaget, penjaga pun langsung masuk ke rumah Nabi Muhammad SAW. mereka melihat ada seseorang sedang di kasur ditutupi oleh selimut. Penjaga itu pun pertama-tama membuka selimut tersebut. Namun yang di kasur Bukan Nabi Muhammad SAW. tetapi Ali bin Ali talib, ia hanyalah umpan, untungnya ali tidak dibunuh. DAn penjaga pun mengejar Nabi Muhammad. Di lain tempat, nabi Muhammad SAW mengetahui bahwa ada yang mengejarnya. Nabi Muhammad dan Abu bakar bersembunyi di Gua Tsur. Anehnya, sewaktu Nabi Muhammad SAW masuk ke Gua tsur. Gua itu dipenuhi Sarang laba-laba dan dipenuhi burung-burung, Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar bersembunyi selama 3 hari tanpa makan dan minum.

Di dekat gua tsur (diluar) terdapat penjaga yang memeriksa apakah ada orang di gua itu. Tetapi Penjaga itu tidak masuk ke Gua . Karena mereka tidak yakin, jika ada orang yang masuk maka sarang laba-laba itu akan rusak, atau jika ada orang yang masuk maka burung-burung yang ada di dekat gua itu akan kabur. penjaga pun puang ke mekkah. Sewaktu penjaga itu sudah jauh. Nabi kita langsung melanjutkan perjalanan.

Nabi Muhammad SAW, pun mampir ke desa Qudus. Disanalah pertama kali Nabi Muhammad SAW membangun masjid. Nama masjid nya itu adalah masjid Qudus. Dan Nabi kita melanjutkan perjalananya lagi ke Madinah. Nabi kita pun akhirnya sampai di madinah. sesampainya Nabi Muhammad SAW sampai Yastrib, nama yastrib diubah menjadi Madinah. dan itulah perjuangan nabi dan orang orang yang ikut hijrah ke madinah.

2. Kaum Anshar

Kaum ini memberi pertolongan kepada kaum muhajirin. Di sana ,Kaum anshar membantu berupa makanan dan macam-macam harta ke kaum muhajirin, kaum anshar dan kaum muhajirin bersama-sama membangun masjid nabawi.

Nah… Sebenarnya panjang sekali Kaum Anshar. Tetapi kusudahi dulu aja. kepanjangan. ntar aku akan membuat lanjutan tentang kaum anshar yaa…

Wassalamualaikum WR.WB

About these ads

8 responses to this post.

  1. Posted by zul_kertamuda@yahoo.com on Januari 22, 2011 at 7:14 pm

    Assalamualikum Wr.Wb
    Anak sholeh. Ok banget

    Balas

  2. Posted by arya on Desember 7, 2011 at 1:08 pm

    assalamualaikum Wr.Wb
    Maaf ada dialognya ga
    soalnya ada pr di suruh drama tentang kaum muhajirin dan kaum anshor

    Balas

  3. ass Wr.Wb
    saya minta ada dialognya gk
    soalnya ada pr apa yang di maksud kaum anshor sma kaum muhajirin

    Balas

  4. woi ayo ayo kita print kaum muhajirin dan kaum anshar

    Balas

  5. semua kaum itu memang hebat yah aku senang sekali nie hahahahahahahahahahahha

    Balas

  6. Posted by fachry on Februari 28, 2012 at 4:49 pm

    Assalamualaikum Wr.Wb
    kisah kaum Ansharnya dikit ada tugas nih bisa dibanyakin gak

    Balas

  7. Posted by Araafiona on Maret 8, 2012 at 4:35 pm

    Tolong donx rangkuman nya

    Balas

  8. Posted by ikhsan on September 28, 2012 at 10:17 am

    ya, saya sangat suka.
    alhamdulillah ya, kakak sdh bikin pengetahuan tarikh islam model bgni. jadinya kita bisa tahu.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: